Sedikit Fakta Kurt Cobain

Kurt Cobain Nama seorang musisi besar yang sudah tidak asing lagi dalam arena musik rock, dia juga perintis genre musik Grudge. Cobain menjadi fenomena karena lagu-lagunya pada dekade 90-an selalu memukau para penggemarnya waktu itu. Selama kiprahnya di dunia musik Cobain telah berhasil merekam tiga buah Album diantarnya: Bleach pada tahun (1989), Nevermind (1991), dan Utero (1993). Cobain lahir pada 20 feb 1967 dan meninggal pada 5 april 1994,tepatnya pada usia 27 tahun.


Hingga sampai sekarang tragedi kematianya mejadi perbincangan hangat dari seluruh lapisan masyarakat dunia. Ada yang menyebutkan bahwa kematian Cobain bukan karena aksi bunuh diri, melainkan dia mati terbunuh. Tapi ada sumber yang mengatakan bahwa dalam diri Cobain telah mengalir darah dari keluarga yang mengalami mati dengan cara bunuh diri yang sama, dua dari bapa saudara Cobain juga di temukan mati dengan sebutir peluru yang bersarang di kepala Mereka. Ketika usia remaja, Cobain turut mempunyai naluri ‘membunuh diri’ yang kuat. Cobain pernah merakam video yang menggambarkan dia meninggal dunia akibat bunuh diri.


Ramai yang tidak tahu apakah makna sebenar lagu hit ciptaan Kurt Cobain, Smells Like Teen Spirit . Sebenarnya, Cobain mendapat ilham untuk memberi sebuah tajuk lagu itu setelah seorang teman wanitanya, Tobi Vail(Bikini Kill) dan rakannya Kathleen Hanna menulis pada dinding hotel yang disewanya, “Kurt Smells Like Teen Spirit ”. Cobain begitu terpesona dengan ayat tersebut. Teen Spirit adalah jenama deodoran yang sering dipakai olehCobain.


Kurt Cobain sebenarnya mengidap penyakit perut yang kronik. Selain itu, beliau turut mengalami masalah mental yang agak teruk. Tindakan Cobain mengambil dadah bagi menahan kesakitan yang dialaminya membuatkan penyakitnya bertambah kronik. Melihat kepadapenyakitnya, ramai mendakwa jika Cobain tidak membunuh diri sekalipun, beliau sendiri tidak akan hidup lebih lama.

Kurt Cobain mengalami halusinasi yang agak serius. Dia mendakwa mempunyai seorang ‘rakan’ yang akan menjelma untuk menyuruhnya melakukan perkara yang tidak baik. Cobain menggelarnya sebagai Boddah.


Nota bunuh diri Kurt Cobain yang tertera nama "Boddah".

Kurt Cobain ingin melakukan kejutan pada album keempat dengan menampilkan genre lebih akustik berlawanan dengan genre yang dirintisnya, Grunge . Idea ini tampil setelah kejayaan konsert akustik di MTV Unplugged . Namun sayangnya, ia gagal direalisasikan susulan kematiannya.

Pada tahun 1980-an, Dr. Nikolas Hartshorne adalah promoter gigs. Beliau bertanggungjawab menawarkan satu konsert gigs kepada band Nirvana di Central Tavern di Seattle. Ia adalah konsert gigs ketiga Nirvana dan Kurt Cobain. Satu dekad kemudian, Dr. Nikolas Hartshorne bagai mengubah 360 darjah profesionnya apabila menjadi salah seorang doktor yang melakukan siasatan perubatan ke atas mayat Kurt Cobain.


Mungkin ramai yang ingin kenapa Kurt Cobain mampu memukau dengan lagu-lagunya miskipun lirik yang diciptanya kadang-kala cukup ringkas. Ia adalah kerana setiap lagu yang dicipta oleh Cobain mempunyai sejarah yang tersendiri. Misalnya, lagu Polly , Cobain mendapat ilham setelah membaca surat khabar yang menyatakan seorang gadis diculik kemudian dirogol selepas menghadiri konsert rock. Cobain yang terkejut dengan berita itu terus mencari kertas dan meluahkan rasa tidak puas hatinya. Lagu Rape Me pula metafora Cobain terhadap media arus perdana yang melayan artis sepertinya bagaikan pelacur dan sampah.