Mengatasi Bayi Sembelit

Jika anda para orang tua yang memiliki bayi dengan kondisi rewel dikarenakan sedang mengalami sembelit/ susah buang air besar (BAB).
Berikut ada sedikit tips yang bisa membantu anda dalam mengatasi masalah bayi yang sedang sembelit/ susah buang air besar (BAB).

Biasanya sembelit/ susah (BAB) dikarena kan tinja mengeras dan sulit untuk dikeluarkan oleh bayi, kadang kala proses keluarnya tinja disertai darah. Nah untuk mengatasinya mesti ada yg anda yang anda perhatikan dalam mengatasi hal tersebut, yaitu perhatian khusus terhadap pemberian makanan pendamping ASI (MPASI).
Dikarenakan Sembelit sering terjadi pada bayi yang mulai saat diberikan Makanan Pendamping ASI (MPASI) ini.

Cara untuk MPASI yang mesti anda lakuakan adalah:
=>Perhatikanlah jenis, frekuensi dan konsentrasi/ kekentalan saat memberikan MPASI di awal pemberiannya agar tidak menimbulkan sembelit pada bayi.
Di awal pemberian MPASI, perbanyak asupan serat dari sayur dan buah-buahan.Sayur dan buah dapat melunakkan kotoran/ tinja. Seimbangkan pemberian MPASI pada bayi agar buang air besarnya tidak keras dan gampang dikeluarkan oleh bayi. Konsentrasi/ kekentalan MPASI juga perlu dipertimbangkan saat awal pemberian pertama. Jangan langsung memberi makanan padat, karena organ pencernaan bayi akan"kaget" yang dapat menyebabkan sembelit. Oleh karena itu berikan MPASI pertama kali dengan kekentalan yang sangat cairterlebih dahulu. Secara bertahap 1 sampai 2 minggu lakukan pengentalan MPASI. Selain jenis dan konsentrasi, frekuensi pemberian juga perlu diperhatikan. Pemberian MPASI di awal waktu yang terlalu banyak dan sering akan menyebabkan sembelit.
Di awal pemberian MPASI berikan 1x sehari selama 1 minggu dahulu. Apabila aktivitas gerakan bayi sudah mulai banyak, maka makin banyak energi yang dibutuhkan. Sehingga bayi akan menjadi cepat merengek karena lapar.
Tambahkanlah frekuensi menjadi 2 sampai 3 kali sehari. Ketika bayi mengalami sembelit , janganlah panik. Terapi yang mungkin dapat membantu mengatasi sembelit adalah melakukan pemijatan. Pijatlah di daerah perut secara perlahan dan gosok perut searah jarum jam.
Tempelkan tangan di pusar bayi dan lakukan pemijatan dengan melingkar kemudian naik turun ke dan dari arah pusar. Kemudian letakkan bayi secara terlentang dan angkat perlahan kedua kakinya. Gerakkan kaki bayi seolah sedang menggowes sepeda. Gerakan ini dapat membantu masalah kembung dan sembelit pada bayi .
Berendam di air hangat juga dapat membantu melemaskan otot-otot sehingga buang air besar bayi lancar.

sumber:
Info Kesehatan Kita