Pasar Apung Banjarmasin, Kekayaan Budaya Yang Menakjubkan



Saat anda berkunjung ke kota Banjarmasin jangan lupa untuk berkunjung ke wahana mengesankan di kota seribu sungai tersebut yaitu "Pasar Apung". Pesona pasar tradisional yang terdapat kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan tepatnya pada muara sungai Martapura - Barito ini telah lama di kenal oleh dunia luar, pesona cakrawala bumi negeri Indonesia yang wajib untuk kita jaga bersama.



Mengapa disebut terapung...?

Seperti yang sudah kita tahu semua, bahwa para pedagang di pasar ini menawarkan barang dagangannya menggunakan jukung (sebutan perahu khas banjar) , dan begitu pula bagi yang mau beli juga harus menggunakan jukung untuk membeli. Sebuah komunitas jual beli yang Unik.
Aktivitas yang ada di pasar ini dimulaidari pukul 3.30 WITA sampai matahari udah mulai muncul sekitar 6.30 WITA.

DI pasar ini kita bisa membeli barang2 layaknya di pasar tradisional pada umumnya seperti sayuran,buahan, wadai (makanan2 kecil dlm bahasa banjar),sarapan pagi, dan mungkin juga beli lauk pauk.
Ketika di pasar terapung tersebut kita akan didatangi oleh penjual2nya alias didekati oleh jukung2 tersebut sambil menawari barang dagangannya..dan tentunya juga yang ada kebanyakan dengan bahasa banjar dan dialek banjar yg juga khas.



Untuk mencapai pasar ini tidak begitu susah, karena pasarnya berada di kota. Dari kota kita hanya cukup pergi ke daerah Kuin, tepatnya ke dermaga-dermaga kecil jukung, parkir-parkir untuk mobil sudah tersedia juga. Menuju kuin bisa dengan Taxi atau mobil pribadi. Dan dari dermaga jukung-jukung tersebut bisa pesan/carter jukung ke pasarnya sekitar 60000/jukung. Kemudian kita akan diajak menelusuri sungai martapura menuju kehulu yang bermuara di sungai Barito. dan sepanjang sungai martapura kita juga bakal dapat melihat aktivitas-aktivitas yang unik juga seperti mandi (ada pertunjukan yang mengarah ke setengah bugil disini…Hemzz...



Untuk lebih merasakan keunikan pasarnya lagi, kita juga bisa menikmati sarapan pagi terapung. Disana juga tersedia warung Soto Banjar terapung, kita cukup mendekati warung terapung tersebut, dengan tetap diatas jukung yang agak gedean tentunya. Dan setelah dekat kita cukup naik ke jukung warung tersebut dan kita tinggal pesan makanan yang kita sukai. Dan jukung kita bakal parkir disebelahnya....Sungguh pesona alam yang luar biasa