Tips Apik Mengatasi Hati Galau

Awanzo Blogs
Galau...Hemmz, apa sih galau itu?

Galau istilah trend yang sekarang sedang banyak dipergunakan dalam perkatan sehari-hari, bak seperti sebuah penyakit yang sedang melanda hati muda-mudi negeri ini. Mungkin artikel kali ini akan akan membahas tentang obat untuk mengobati penyakit yang satu ini yaitu " Tips apik mengatasi hati galau, namun tidak ada salahnya juga jika kita tahu tentang arti dari galau ini. Dulu jika ada temen, sobat, atau kawan nongkrong yang diem, kurang bergairah, dan gak semangat terus kalau ditanya sama temen yang lain " Kamu ini kenapa sih.., dari tadi diem aja?" jawabannya mungkin "Aku lagi pusing, atau Aku lagi puyeng , bisa juga Aku lagi gundah atau apa saja yang menyatakan bahwa dirinya lagi dalam kondisi labil.
Tapi untuk sekarang pertanyaan semacam itu terhadap teman dalam kondisi yang sama seperti di atas, seumpama ditanya "Kamu ini kenapa sih.., dari tadi diem aja? Nah untuk trend sekarang jawabannya cukup singkat cuma hanya jawab "Aku Galau. Hehehe...

Sebernya apa sih arti kata Galau itu? Nah ini ada sedikit pengertian buat sobat atau temen Awan yang lagi galau. Galau adalah kata yang digunakan untuk sebuah perasaan gelisah, bingung, atau sedang dipuncak kegundahan.
Loh...Kenapa sekarang kata galau digunakan bukan hanya orang yang sedang dalam kondisi gelisah atau di puncak kegundahan, bahkan bingung memilih sesuatu yang sepele aja sudah dianggap galau. Untuk hal ini sebenarnya mempunyai pengertian yang sama, ya kalu dibilang sih beda-beda tipis. Karena budaya trend kata-kata gaul yang membuat pengertian galau menjadi luas.

Sekarang apakah ada diantara sobat yang sekarang lagi dalam kondisi galau? Kalau ada jangan kuwatir sob...! Ada sedikit tips ni buat sobat semua. Seperti yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, ketika “Suatu hari beliau (Rasulullah) masuk masjid, tiba-tiba beliau berkata kepada Abu Umamah ra : "Mengapa kamu duduk-duduk di masjid di luar waktu sholat ?"
Abu Umamah menjawab : "karena kagalauan yang melanda hatiku dan hutang-hutangku, wahai Rasulullah.
Rasulullah Saw bersabda lagi : "Bukankah aku telah mengajarimu beberapa bacaan, bila kau baca niscaya Allah akan menghilangkan rasa galau dari dirimu dan melunasi hutang-hutangmu?”
Abu Umamah berkata : “betul Rasulullah. “
Rasulullah pun bersabda : “ketika pagi dan sore hari, ucapkanlah doa berikut : "Allahumma inni a’udzubika minal hammi wal hazan Wa a’udzubika minal a’jzi wal kasal. Wa a’udzubika minal jubni wal bukhli, wa a’udzubika min gholabatid daini wa qahrii rijaal…
Kemudian Abu Umamah membaca doa tersebut, dan Allah menghilangkan rasa galau dari dirinya. (HR.Abu Dawud)

Cara ini tidak ada salahnya untuk sama-sama kita coba sebagai obat galau yang paling mujarab. Sebagaimana pelajaran dari Rasulullah Muhammad SAW diatas bisa diambil kesimpulan bahwa rasa kegundahan, Kegalauan dan sesuatu yang bisa membuat hati bimbang bisa diobati dengan cara kita lebih mendekat kepada yang Maha Kuasa Allah SWT. Bisa dengan do'a, atau pun boleh juga dengan shalat sunah Istikharah meminta petunjuk jawaban dari beberapa hal yang membuat hati kita bimbang. Karena inti dari solat sama juga dengan do'a meminta dengan penuh keikhlasan kepada Allah SWT.