Anak SD di Ponorogo Bikin Robot

Awanzo Blogs

Membuat robot, ya mungkin Inilah kreatifitas positif yang dilakukan oleh para siswa SD Muhammadiah di kabupaten Ponorogo saat mengisi liburan sekolah. Kegiatan Membuat robot ini sendiri sengaja mereka lakukan dalam rangka mengisi waktu liburan sembari melestarikan seni budaya reog.
Robot yang dihasilkan para siswa anggota Klub Robotik SD Muhammadiyah itu cukup menarik. Robot bisa menari serta berjalan maju-mundur seperti halnya Reog sungguhan. Para siswa menyebut robot setinggi 50 sentimeter itu dengan nama"Reyog".

Sarifuddin, seorang anggota klub robotik, Senin (25/6/2012), menjelaskan, mereka membuat robot dari mulai rangkaian, seting, hingga program software . Semua dikerjakan oleh para siswa, sementara guru mata pelajaran TI hanya mendampingi. Meski dibuat oleh siswa SD, namun kreasi mereka bisa dibanggakan.
Terbukti, Reyog menari dengan lancar. Sarifuddin menambahkan, membuat robot sudah menjadi hobi para anggota Klub Robotik sehingga mereka rela mengorbankan libur. Selain "Reyog", mereka akan membuat robot-robot lainnya.

Aktivitas mereka juga didukung para orang tua. Hanifah Muhtar, seorang orangtua murid, mengaku mendukung aktivitas mengisi libur yang positif. Apalagi, Reog dibuat bukan sebatas menyalurkan hobi, namun melestarikan kesenian khas Ponorogo. "Kreativitas teknologi dengan tidak meninggalkan kesenian,” sebut Hanifah.
( okezone )