Berita: Barca Permalukan Manchester City di Etihad Stadium

Barca Permalukan Manchester City di Etihad Stadium

Barca Permalukan Manchester City di Etihad Stadium

Manchester - Manchester City harus mengakui keunggulan Barcelona pada leg pertama 16 besar Liga Champions, Rabu dini hari (25/2/15) WIB. City takluk dengan skor 1-2 di depan pendukungnya sendiri.

Tampil di Stadion Etihad, City tertinggal lewat dua gol Luis Suarez di babak pertama. Gol Aguero di babak kedua memperkecil kekalahan City. Messi gagal mengeksekusi penalti pada menit tambahan babak kedua.

Leg kedua akan digelar di Stadion Camp Nou, 18 Maret mendatang.

Pelatih Manchester City, Manuel Pellegrini, menurunkan formasi 4-4-2. Penyerang baru Wilfried Bony masih disimpan sementara lini depan diisi ole h Sergio Aguero dan Edin Dzeko. Absennya Yaya Toure di lini tengah coba diatasi dengan menduetkan James Milner dan Fernando di lini tengah.

Di kubu Barcelona, pelatih Luis Enrique masih memberikan kepercayaan kepada biang kerok kekalahan dari Malaga akhir pekan lalu, Dani Alves, yang melakukan backpass blunder. Dengan formasi 4-3-3, trio Neymar, Luis Suarez dan Lionel Messi masih jadi andalan di lini depan.

Barcelona tampil percaya diri dengan kombinasi umpan-umpan pendek dan aksi individu Lionel Messi. Sementara The Citizens mulai kehilangan pola permainannya setelah kemasukan gol pertama. Silva dkk lebih banyak memainkan umpan-umpan langsung yang terburu-buru.

Barcelona unggul dalam penguasaan bola sebesar 62 persen dan melepaskan enam tembakan ke gawang. City melepaskan empat tembakan ke gawang.

Jalannya pertandingan

Janji Pellegrini untuk mengimbangi Barcelona dengan permainan sepak bola menyerang sepertinya ditepati. Menit keenam, City sudah mendapat tendangan bebas di depan kotak penalti Barcelona.

Tendangan bebas Dzeko masih membentur pagar betis.

Menit kesembilan, City kembali mengancam gawang Barcelona, kali ini lewat tendangan Milner dari luar kotak penalti. Laju bola tertahan oleh bek lawan.

Perlahan, Barca mulai balik menyerang. Menit ke-11, Messi mendapat ruang tembak setelah menerima umpan Neymar di kotak penalti namun bola masih bisa dihalau bek lawan.

Semenit berselang, giliran Suarez mendapat peluang di sisi kotak penalti. Tendangannya dari sudut sempit masih melebar ke sisi kanan.

Gol! Gawang City akhirnya bobol pada menit ke-16. Messi mengirim umpan silang dari sayap kanan kepada Suarez, yang dikawal Kompany. Suarez coba mengontrol bola namun terlepas. Bola pun terhenti di daerah tak bertuan di kotak penalti. Suarez bergerak lebih cepat dari Kompany untuk berbalik dan mengejar bola. Dengan kaki kirinya, ia melepaskan tendangan yang membuat bola bersarang di sudut kanan bawah gawang City. Barcelona unggul 1-0.

Gol terse but seolah meruntuhkan mental City sekaligus meningkatkan kepercayaan diri Barca. Permainan umpan-umpan pendek cepat diselingi aksi individu mulai ditunjukkan tim tamu.

Gol! Barca pun menambah keunggulan pada menit ke-29. Gol dimotori oleh Messi, yang beraksi melewati Kompany dan Silva di depan kotak penalti lawan. Messi lantas mengirimkan bola ke sayap kiri, kepada Alba. Sang bek kiri kemudian melepaskan umpan silang datar di depan gawang, yang langsung dicocor kaki kanan Suarez. Barcelona menjauh dengan skor 2-0.

City menjadi kian terburu-buru dalam bermain. Silva dkk berusaha menyerang secepat mungkin dari sayap namun hasilnya justru serangan mereka mudah dipatahkan lawan.

Menit ke-34, Messi nyaris membobol gawang City. Menerima umpan dari sayap kiri, La Pulga mengecoh satu bek lawan. Namun jaraknya sudah terlalu dekat dengan kiper Joe Hart, yang sigap menangkap bola. Skor 2-0 untuk Barcelona bertahan hingga babak pertama usai.

City langsung ta ncap gas di awal babak kedua. Menit ke-53, Aguero menciptakan peluang lewat aksi individunya. Menusuk dari sayap kiri, penyerang timnas Argentina itu melepaskan tendangan dari luar kotak penalti. Bola melebar tipis di samping kiri bawah gawang lawan.

Peluang kembali didapat pada menit ke-62. Aguero berhasil melewati hadangan Alba di sayap kanan namun umpan silangnya berhasil dipotong Pique, padahal Dzeko sudah berdiri tak terkawal di depan gawang.

Gol! Aguero berhasil membobol gawang Barca enam menit berselang. Memanfaatkan umpan tumit Silva di depan kotak penalti, Aguero menerobos ke dalam kotak penalti dan menaklukkan Ter Stegen. Skor 2-1, masih untuk keunggulan Barcelona.

Baru saja mendapat angin, City kembali terpukul. Mereka harus bermain dengan 10 orang pada menit ke-73 setelah Clichy mendapat kartu kuning kedua untuk pelanggarannya terhadap Dani Alves.

Barcelona pun kembali mendominasi jalannya laga, yang sempat imbang di babak kedua. Serangan demi serangan akhirnya menghasilkan penalti pada masa injury time.

Zabaleta terlambat melepaskan tekel untuk merebut bola dari kaki Messi di kotak penalti. Tekelnya membuat Messi terjatuh dan wasitpun menunjuk titik putih. Beruntung, Joe Hart berhasil menepis tendangan Messi, yang mengarah ke sisi kiri gawang. Bola muntah disambar Messi dengan tandukannya namun arahnya melebar. Skor 2-1 pun bertahan hingga laga usai.

Susunan pemain

Manchester City: Joe Hart; Vincent Kompany, Pablo Zabaleta, Gael Clichy, Martin Demichelis; Fernando, James Milner, Samir Nasri (Fernandinho 62'), David Silva (Bacary Sagna 78'); Edin Dzeko (Wilfried Bony 68'), Sergio Aguero. Pelatih: Manuel Pellegrini.

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Gerard Pique, Javier Mascherano, Jordi Alba, Dani Alves (Adriano 75'); Ivan Rakitic (Jeremy Mathieu 71'), Sergio Busquets, Andres Iniesta; Luis Suarez, Lionel Messi, Neymar (Pedro 80'). Pelatih: Luis Enrique.