Apa Itu Sepak Bola

Sepak bola merupakan olahraga yang telah mendunia. Sepak bola memiliki banyak  peminat dari seluruh penjuru dunia. Olahraga ini desebut juga kesebelasan karena jumlah pemain yang bertanding sebanyak 11 orang pada masing-masing tim yang terdiri dari beberapa posisi.

Diantaranya:
Keeper = Untuk mengamankan Gawang dari kebobolan gol atau disebut penjaga gawang
Breaker = Pemain terakhir sebagai pelapis penjaga gawang.
Stopper = Pengawal Breaker, biasanya tergantung stategi pelatih berapa orang yang dipasang.
Wing Back = Pemain bertahan tapi bisa membantu serangan.
Playmaker = Pemain yang mengendalikan alur serangan atau disebut gelandang
Winger = Pemain murni sayap kiri atau kanan.
Target man = Penyerang utama atau disebut Striker Murni.
Striker Tandem = Penyerang pembantu yang biasanya posisi-nya agak dibelakang striker murni.
Sedangkan dari hampir beberapa dekade terakhir kepopuleran sepak bola telah mengalahkan berbagai kepopuleran  olahraga lainnya. Dan saat juga banyak yang telah mengulas berbagai berita bola dab predisi skor pada pertandingan sepak bola yang berlangsung.
Fungsi dari 11 pemain bola dan tata letaknya tergantung strategi pelatih dalam menerapkan strategi, dan ada beberapa yang saya pahami adalah :
4-3-2-1 = 2 breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 2 winger : (2), 1 TargetMan : (1), dan biasanya pola ini dipakai apabila tim menginginkan pola Sedikit bertahan, namun bisa mengandalkan serangan balik.
4-4-2 = 2 Breaker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (4), 1 Tandem striker, 1 TargetMan : (3), pola ini di pakai pelatih bila ingin melakukan serangan secara beruntun / bertubi-tubi memburu gol banyak.
4-3-1-2 = 2 breker, 2 stopper/wingback : (4), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 Tandem Striker : (1), 2 TargetMan : (2), pola ini hampir sama dengan 4-4-3 hanya agak kesulitan bila terjadi pertarungan di wilayah tengah terlebih musuh yang dihadapi mempunyai playmaker yang jagoan.
5-3-2 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang : (3), 1 tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini dipakai jika lawan yang dihadapi kelas berat dan ingin bertahan untuk mencuri point / angka, atau kalaupun kalah tidak dengan score telak.
5-4-1 = 1 Breaker, 2 stopper, 2 wingback : (5), 2 gelandang bertahan, 2 gelandang serang : (3), 1 Targetman : (1), pola ini dinamakan defense football, full bertahan, dan sekedar bocoran lho… strategi ini seering dipakai oleh tim-tim dari tanah air, terlebih sebagai tamu, asal tidak kalah sudah bagus.
3-5-2 = 1 Breaker, 2 stopper : (3), 2 gelandang bertahan, 1 gelandang serang, 2 winger : (5), tandem striker, 1 Targetman : (2), pola ini bersifat kuno karena fungsi gelandang kurang variatif, terkesan bertumpuk dengan winger, dan ketika terjadi serangan akan terlambat turun kebawah mengingat posisi-nya lebih maju daripada wingback, khusus teknik ini liga eropa sudah tidak memakai, hanya mungkin di asia terutama negara kita.