Buat Blog Baru Dengan Blogspot

Awanzo Blogs

Blog merupakan salah satu aplikasi web yang berisi berupa tulisan-tulisan umum dan lebih kita kenal dengan sebutan posting pada halaman web. Pada umumnya tulisan-tulisan tersebut ditampilkan secara berurutan mulai dari yang terbaru kemudian tampilan posting yang paling lama.

Pada awal keberadaannya blog digunakan sebagai media catatan pribadi yang disimpan secara online oleh para penggunanya. Tapi dengan berjalannya waktu dari masa kemasa blog dibuat lebih dari hanya sebuah media penyimpan catatan pribadi saja. dari isi yang ditampilkannya pun semakin beraneka ragam, mulai dari blog yang membahas tentang tutorial, pendidikan, berita, sampai yang yang berkutat dalam dunia bisnis.

Keberadaan blog dan website pada dunia internet sebenarnya tidak ada yang berbeda alias sama saja. Kemudahan yang dialami para pengguna blog dalam masa waktu sekaran tidak lepas dari peranan yang telah dilakukan oleh para programer/ designer Flatform Blog, atau yang lebih mudah kita kenal dengan sebutan mesin blog. Mereka bekerja keras dalam memodif mesin, tampilan, serta widget-widget blog dengan sedemikian mungkin agar dapat digunakan dengan lebih mudah dan simpel.

Pada waktu dulu jika kita ingin menggunakan sebuah website kita harus paham dan bisa dalam hal pemrograman seperti HTML, PHP, CSS dan semua yang berhubungan dengan program mesin website. Tapi sekarang seperti yang kita ketahui diatas bahwa blog bisa kita gunakan dengan lebih mudah dan simpel berkat jasa para programer webmaster yang sudah ahli dalam memodif flatform blog.

Dengan penggunaan media layanan blog yang sekarang semakin mudah apa sobat tidak ingin mencobanya? Nah....Buat para sobat yang belum dan ingin memiliki sebuah blog sendiri, sobat bisa menggunakan salah satu blog gratisan yang diberikan dengan cuma-cuma oleh Google pada kita. Mungkin sobat semua pasti sudah tidak asing dengan blogspot atau blogger. Ya...Inilah blog gratis yang telah disediakan dan diberikan cuma-cuma tanpa harus membayar sepeser uang pun kepada penyedianya yaitu si penguasa internet Google.

Sebernya di dalam dunia internet terdapat beberapa situs yang menyediakan layanan blog seperti wordpress.com, tapi untuk artikel yang saya tampilkan kali ini terfokus pada satu blog gratis yang di berikan oleh si mbah Google yaitu Blogger. Ini sebenarnya bukan keharusan buat sobat agar membuat blog hanya pada blogger, tapi bagi saya pribadi adapun kelebihan yang diterletak pada blogger adalah kemudahan serta simpel.


* Blogger dikatakan simpel karana memiliki kemudahan dalan hal pengoprasiannya, mudah dan sangat cocok untuk pemula (newbie) seperti saya.

* Banyaknya tutorial, widget, dan template yang kita dapat temukan di peredaran dunia internet semuanya dapat kita gunakan dengan berbagai cara mulai dari yang Free(gratis) sampai yang berembel-embel Premium (berbayar).

* Domain dan hosting yang kita dapatkan juga dengan cuma-cuma, semua diberikan oleh blogger kepada penggunanya. Jadi kita tinggal menggunakannya saja. Sobat juga dapat mencari nama domain yang lain dari situs penyedia domain, dan semuanya tergantung selera kita.

Sobat bisa gunakan domain gratisan atau yang sering disebut Second Level Domain (SLD) seperti contoh: [ .co.cc, .co.tv, .cu.cc, dll], atau domain yang berbayar seperti: [.com, .co.id, .org, .net] domain seperti ini sering disebut sebagai Top Level Domain (TLD).

Gimana sob dari penjelasan diatas, Mau coba berkarya di blog dengan menggunakan blogger?


Okey deh langsung saja pada proses pembuatan akun blog yang akan kita gunakan.

Persyaratan Sebelum mendaftarkan diri pada blogger, sobat di wajibkan untuk memiliki akun Gmail dulu. Untuk sobat yang belum punya email di Gmail, buat sobat belum tahu cara buat akun Gmail bisa mendaftarkannya Disini.


kalau sudah memiliki akun email diGmail lanjut dengan cara :

1. Silahkan sobat kunjungi situs http://www.blogger.com

2. Setelah halaman pendaftaran terbuka, kita lihat pada sebelah kanan bawah, ubah dan pilih bahasa ke Indonesia agar lebih mudah difahami.

Awanzo Blogs

3. Silahkan langsung masuk/login dengan menggunakan username/nama pengguna serta password/sandi gmail sobat ( akun email sobat bisa digunakan untuk login ke blogger).

Awanzo Blogs

4. Isilah formulir yang ada :


a) Nama tampilan : isi dengan nama yang ingin tampil pada profile blog sobat.

b) Jenis Kelamin : pilih sesuai dengan jenis kelamin sobat, misal: pria.


c) Penerimaan Persyaratan : Beri tada ceklis sebagai tanda bahwa sobat setuju dengan peraturan yang telah di tetapkan oleh pihak penyedia (blogger). Di sarankan: alangkah baiknya sobat membaca terlebih dahulu persyaratan yang ada agar anda tahu dan mengerti apa yang boleh dan tidak diperbolehkan ketika menggunakan layanan blogger.

d) Klik tanda panah bertuliskan “ Lanjutkan ”.
Awanzo Blogs

5. Klik tombol “ Blog Baru ”.

Awanzo Blogs

6. Isilah formulir :


a) Judul : Isi dengan judul blog yang sobat inginkan, misal : Awanzo Blogs atau apa saja tergantung sobat tentunya

b) Alamat : isi dengan alamat blog yang di inginkan. Perlu dimengerti ! Alamat ini tidak dapat di edit kembali setelah dibuat, apabila sobat ingin serius, maka usahakan pilihlah nama yang benar-benar sobat inginkan.

c) Template : pilih template (tampilan blog) yang sobat disukai (ini dapat ganti kembali dan juga banyak situs yang menyediakannya).

d) Lanjutkan dengan klik tombol “ Buat blog! ”.Awanzo Blogs
e) Sampai disini blog sobat telah berhasil di buat.

7. Untuk menghindari spam filter, usahakan sebaiknya langsung posting sembarang saja. Klik tulisan “ Mulai mengeposkan ”.

Awanzo Blogs

8. Isi judul serta artikel. Akhiri dengan klik tombol “ Publikasikan ”.

9. Silahkan lihat blog sobat dengan klik tombol “ Lihat Blog

10. Selesai. Kini blog sobat telah berhasil dibuat dan dapat di buka di berbagai belahan dunia.

Sampai disini dulu selamat dicoba semoga dapat bermanfaat.