Taman Candra Wilwatikta Akan digunakan Untuk Pergelaran Sendratari

Awanzo BlogsSeni dan Budaya

Taman Candra Wilwatikta di Pandaan, Kabupaten Pasuruan, rencananya akan difungsikan kembali sebagai panggung pergelaran sendratari, sekaligus sebagai pusat pengembangan seni dan budaya Jawa Timur.

Koordinator Kerumahtanggaan Taman Candra Wikwatikta Pandaan Hari Muji Wahyono, Kamis menjelaskan, peluncuran pemfungsian kembali Taman Candra Wilwatikta Pandaan akan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo pada 11 Juli mendatang.
Dijadwalkan, Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Marie Elka Pangestu akan hadir serta seluruh kepala dinas pariwisata seluruh Indonesia. Dalam acara itu akan dipentaskan pergelaran sendratari.

Taman Candra Wilwatikta Pandaan namanya sempat melejit dengan pergelaran sendratari Ramaya Internasional. Namun pergelaran yang pertama kalinya pada tahun 1971 itu juga menjadi pergelaran sendratari yang terakhir. Panggung terbuka Candra Wilwatikta yang berlatar belakang Gunung Penanggungan seolah-olah tak berfungsi lagi. Hanya dalam waktu-waktu tertentu dimanfaatkan untuk pergelaran yang sifatnya lokal.

Melihat fasiltas yang kurang dimanfaatkan secara maksimal, Pemerintah Provinsi Jawa Timur kemudian merevitalisasi dan mengembalikan fungsinya seperti semula, serta menjadikannya sebagai pusat pengembangan seni dan budaya Jawa Timur.
Mendekati peluncuran kembali, Taman Candra Wilwatikta Pandaan kini pada tahap awal sudah mulai direvitalisasi, diantaranya merehabilitasi panggung terbuka, pendapa, serta fasilitas kantin dan tamannya.

Untuk menyambut peluncuran kembali Taman candra Wilwatikta Pandaan, dewan Kesenian Kabupaten Pasuruan juga akan menggelar pameran seni rupa mulai 9 hingga 12 Juli mendatang. Ketua Umum Dewan Kesenian Kabupaten Pasuruan Jupri Abdullah menyebutykan, pameran seni rupa yang bakal diikurti para seniman Pasuruan dan Jawa Timur itu akan menggelar pameran lukisan, batik, watang sungging, benda-benda antik, serta tosan aji.

Sumber :
antarajatim